Responsive Banner design
Home » » TEROBOSAN BISNIS

TEROBOSAN BISNIS

Bila kita lewat kalimalang, Bekasi maka akan ditemukan banyak sepeda roda dua dengan tas berbentuk bulat lonjong di jok belakang. Tas tadi bukan buat gaya-gayaan atau iseng, namun lebih digunakan sebagai wadah mantel hujan. Bila hujan turun maka pengendara segera minggir buka tas, ambil mantel, pakai dan wuss jalan lagi.

Di tahun-tahun sebelumnya kita belum melihat tas bulat lonjong penyimpan mantel tadi. Mantel umumnya ditaruh di bawah jok. Karena posisinya tergenjet maka sering mantel menjadi rusak dan sobek. Cukup kreatif rupanya mereka yang desain tas penyimpan mantel tadi, yang berharga murah, rapi dan praktis.

Terobosan bisnis berupa produk inovatif sebenarnya banyak berserakan di berbagai daerah. Di jogya, sudah dari dulu kala ada kaos bernama dagadu jogya. Dengan kreativitas dari beberapa mahasiswa ugm lahirlah berbagai gambar lucu, sindiran, tulisan maupun slogan yang mengena. Jadilah kaos dagadu jogya mulai tersebar secara nasional Hanya mereka dengan pertimbangan tertentu, tidak membuka cabang di kota lainnya. Tetap dari Jogya- dipasarkan kaos kreatif tersebut.

Ojeg sepeda, sebenarnya juga merupakan terobosan, karena tidak lazim. Kalau perlu naik ojeg umumnya motor yang dicari, atau bajaj, atau paling becak. Nah beberapa orang kreatif masih suka menawarkan jasa ojeg sepeda, yakni di daerah kota, Jakarta barat. Ciri khasnya bangku tempat penumpang diberi alas yang empuk.

Terobosan bisnis tidak hanya dalam bentuk barang, namun lebih banyak lagi dalam bentuk makanan. Coba datang ke Bandung, Solo, Malang, Surabaya bakal ditemukan berbagai makanan hasil inovasi pedagang setempat. Sangat banyak ragam makanan yang kreatif dan sulit untuk disebutkan satu persatu.

Dalam skala yang lebih besar, semacam restoran atau franchise, terdapat ayam bakar wong solo, bakso karapitan, es teller maupun restoran tradisional lainnya. Mereka mengolah bahan makanan tradisional dikombinasikan dengan aroma modern, maka jadilah restoran dengan makanan yang menarik.

Sementara dalam dunia industri tidak kalah banyaknya bentuk-bentuk terobosan bisnis semacam just in time, six zigma, balanced scorecards maupun enterprise resource planning misalnya. Bisa saja hal ini diperdebatkan, namun rasanya tetap terkandung unsur terobosan bisnis di dalamnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog