Responsive Banner design
Home » » Good Luck Part I: All About Service Quality…

Good Luck Part I: All About Service Quality…

Seorang teman mengunduh dari internet serial drama Jepang berjudul “Good Luck”. Dia sangat merekomendasikan serial ini untuk ditonton. Ternyata rekomendasi itu memang benar. Serial ini sangat mengesankan, aku merasa perlu untuk menulisnya dalam blog.

Tulisan diatas diambil dari blogs rekan muda saya yang yang meskipun baru berusia 26 tahun namun sangat cerdas dan berpotensi. Saya hanya ingin menambahkan bahwa benar belaka kalau bangsa Jepang selalu penuh dengan keseriusan dalam berbagai hal, hampir semua hal. TVRI melalui salah satu acaranya, x-file (?) juga menayangkan bagaimana bangsa Jepang tahun 1950-an atau 60-an membangun gedung bertingkat, kesehatan rakyat, bendungan untuk pertanian, produk pertanian maupun berbagai hal lainnya. Ditayangkan bagaimana Jepang yang sangat gigih dalam melakukan pencapaian guna kesejahteraan rakyatnya.

Misalnya satu hal sepele, buah melon, inipun mendapat perhatian sangat serius dari insinyur pertanian Jepang. Ada seorang insinyur yang meneliti buah melon selama 10 tahun dan jadilah ia ahli dalam budi daya buah melon. Ia-pun berhasil mengembangkan buah melon baik untuk pasar lokal maupun ekspor. Bahkan sang insiyur siap berkeliling dunia membantu petani buah melon di berbagai negara.

Hal yang tidak terbantahkan dari bangsa Jepang adalah mereka pekerja keras dan dibarengi dengan kesungguhan, sehingga mereka tidak bakal mundur sampai keberhasilan dapat diraih. Budaya mereka-pun tinggi dan nyaris tidak tergerus sampai hari ini. Konon pasar Jepang merupakan salah satu pasar yang sangat sulit ditembus karena faktor budaya Jepang yang kritis dan tidak mudah begitu saja percaya. Standard kerja dan mutu mereka juga sedemikian tinggi sehingga tidak heran banyak dari produknya berhasil menembus pasar ekspor.

Jepang juga merupakan salah satu Negara dengan usia Harapan hidup yang tinggi. Hal ini disebabkan karena mereka begitu peduli dengan masalah kesehatan mereka. Guna menumbuhkan kesadaran akan kesehatan masyarakat tidak kalah besar peran banyak dokter yang gigih berjuang dan membangun pentingnya kesadaran kesehatan masyarakat luas selama bertahun-tahun. Sang dokter rela keluar masuk pedesaan dengan misi kesehatannya. Awalnya demikian sulit menumbuhkan misalnya kaum manula kesadaran akan hidup sehat, namun akhirnya berhasil juga.

Hari ini dan beberapa tahun terakhir Jepang berhasil menikmati buah kerja kerasnya. Berbagai bidang dapat mereka capai dan kesejahteraan rakyatnya sudah sangat tinggi. Mereka adalah benar-benar contoh sebuah negara yang berhasil membangun secara berkelanjutan dengan dukungan sumber daya manusia handal meski dengan sumber daya alam seadanya. Konon mereka juga negeri yang rajin mendapat bencana alam, namun terbukti hal ini dapat mereka atasi dengan baik. Dan toh begitu apakah mereka sekarang menjadi malas? Ternyata tidak juga. Dengan berbagai kekurangan yang ada, mereka tetap merupakan bangsa yang terus membangun dan membangun guna kemajuan negeri dan masyarakat-nya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog