Responsive Banner design
Home » » Upcoming 2010 F1

Upcoming 2010 F1



F1 musim 2010 segera datang. Tahun 2010 barangkali merupakan musim yang cukup unik. Beberapa team besar hengkang keikutsertaanya tahun ini. Alasan hengkangnya mereka umumnya karena masalah budget. Ada team yang merasa budget keikutsertaan relative mahal, ada team yang malah keberatan budget dibatasi. Memang tidak mudah menjalankan regulasi F1 yang melibatkan team, prestige, dan industri global.



Kalau melihat catatan 2009, tampil team fenomenal Brawn GP yang dalam debut pertamanya langsung menjadi juara dunia. Meski kedua pembalap-nya Button dan Rubens, adalah pemain senior dalam F1. saat itu Brawn GP membuat kejutan dengan menjuarai banyak kemenangan dan mengantarkannya menjadi juara GP. Kedua pembalap adalah eks pembalap Honda yang mundur dari gelaran GP. Ross Brawn adalah principal handal asal team besar Ferrari. Jadilah mereka membentuk team debutan Brawn GP.



Poin yang berhasil dikumpulkan Brawn GP adalah 172 dan menjadi yang terbaik musim 2009. berikutnya adalah Red Bull RBR Renault yang digawangi duet pembalap muda Vettel dan Weber. Bahkan Vettel juga menjadi runner up dibelakang Button (poin 95). Sementara posisi tiga pabrikan ditempati oleh McLaren Mercedes dengan 71 poin dimana duet pembalapnya Lewis dan Kovalainen menempati posisi #5 dan #12 pembalap.



Secara umum papan atas tim 2009 ditempati oleh Brawn GP, Red Bull, McLaren dan Ferrari. Papan tengah ditempati oleh tim Toyota, BMW dan William. Papan bawah ditutup oleh Renault, Force India dan STR Ferari.



Papan atas pembalap ditempati Button, Vettel, Rubens dan Weber. Papan tengah pembalap adalah Lewis, Kimi, Rosberg, Trulli, Alonso, Glock, Massa dan Kovalainen. Sisanya tentu menempati papan bawah pembalap.



Dan bagaimana peta balapan single seater paling bergengsi pada 2010 ini. Terlihat dari tim papan atas 2009 telah mengalami rombakan yang cukup besar. Brawn GP yang musim ini ditinggalkan kedua pembalapnya berubah nama menjadi Mercedes GP dengan duet pembalapnya Schummy- sang legenda hidup, juara dunia F-1 sebanyak 7# kali dan Nico Rosberg, pembalap berbakat.



Red Bull tetap percaya diri dengan duet mautnya pembalap bertalenta tinggi Vettel dan Weber. Barangkali Red Bull bisa menjadi ancaman serius musim ini, kita tunggu saja kiprahnya. McLarem, tim asal Inggris ini rupanya lebih memilih pembalap dari Ingrris juga, Button dan Lewis untuk membela tim. Tidak dipungkiri keduanya juga memiliki modal kuat menjadi juara.



Ferrai- hm patut disayangkan mendepak Kimi- pembalap dengan bakat alam luar biasa dan merekrut Alonso mendampingi Massa. Namun itulah pertimbangan terbaik tim kuda jingkrak ini, kita lihat saja kejutan yang akan dibuatnya.



William kali ini diperkuat pembalap gaek Rubens dan pembalap muda Nico Hulkenberg- pembalap Geraman alumni GP2 berusia 23 tahun. Sementara Renault- pabrikan kesohor asal Prancis akan diperkuat pembalap Kubika dan Vitaly Petrov- asal Rusia yang berusia 22 tahun. Petrov ini merupakan runner up GP2.



Force India tetap dengan pasukan tempur sebelumnya yakni Adrian Sutil dan Vitantino Liuzzi. Toro Roso masih diperkuat oleh Sebastian Buemi dan Jaime Alguersuari. Dua pembalap senior lainnya Jarno Trulli dan Heikki Kovalainen gentian memperkuat Lotus. Masih terdapat debutan Bruno Senna – keponakan Ayrton Senna- juara dunia #3 kali- dan Jose Maria Lopez. Yang terakhir adalah tim Virgin yang diperkuat mantan pembalap Toyota Timo Glock dan Lucas di Grassi – pembalap ketiga Renault dan alumni GP2 asal Brasil yang berusia 22 tahun.



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog