Responsive Banner design
Home » , , , » DORAEMON, Karakter Kucing Paling Fenomenal

DORAEMON, Karakter Kucing Paling Fenomenal

Biografi Fujiko F. Fujio, Pencipta Doraemon
DORAEMON
Doraemon  (ドラえもん) adalah salah satu karakter manga yang paling populer di Indonesia. Hampir semua orang kenal dengan tokoh ini, dari anak-anak sampai orang dewasa pun mengetahuinya. Doraemon dikarang oleh Fujimoto Hiroshi, ( dengan nama pena : Fujiko F. Fujio) sejak tahun 1969 yang bercerita tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 SD yang bernama Nobi Nobita yang didatangi oleh robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Dia dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat hidup lebih baik daripada harus menderita akibat kebodohan nobita yang mewariskan bayak hutang.

Cerita berawal pada abad ke 22, hiduplah sebuah keluarga miskin yang merupakan keturunan dari Nobi Nobita. Ia bodoh dalam pelajaran sekolah dan tidak bisa berolahraga, Nobita hanya berbakat dalam tembak-menembak,bermain karet, dan tidur; kemampuan yang hampir tak berguna di zaman Jepang modern. Inilah alasan mengapa ia gagal menjalani kehidupannya. Dan Doraemon dikirim dari masa depan untuk menjadikannya seorang pria yang sukses. Sangat ironis, sebuah robot gagal datang membantu seorang anak yang gagal. Kemiskinan keluarga tersebut bermula dari hutang-hutang yang ditinggalkan oleh Nobita kepada keturunannya. Karena keadaan ekonominya yang sangat menyedihkan, keluarga tersebut hanya dapat membeli sebuah robot kelas dua di sebuah pelelangan robot. Sebuah robot gagal di mana tidak ada seorangpun yang berniat untuk membelinya. Robot tersebut adalah Doraemon.
“Majikan” Doraemon yang baru bernama Sewashi (Nobita’s great great grandson). Setelah dipikir-pikir, Sewashi menyimpulkan bahwa satu-satunya jalan untuk merubah nasib keluarganya adalah dengan cara merubah nasib Nobita. Dengan berubahnya nasib Nobita, diharapkan agar masa depan keturunannya juga berubah. Oleh karena itu, dikirimlah Doraemon ke “masa lalu” untuk membimbing Nobita ke kehidupan yang lebih baik.
Doraemon tiba pada tahun 1969, pada hari Tahun Baru Jepang bersama Sewashi, cicit Nobita. Ia keluar dari laci meja milik Nobita, dan sejak saat itu ia tinggal bersama Nobita, misinya adalah untuk mencegah Nobita menjadi orang gagal. Setiap kali Nobita tertimpa masalah, Doraemon akan segera membantu dengan alat-alat ajaibnya. Doraemon dan Nobita saling bekerja sama untuk memperbaiki kehidupan mereka masing-masing. Mereka saling bekerja sama dan tolong-menolong. Banyak juga cerita yang menampilkan kisah keberanian dan kegigihan mereka untuk mempertahankan persahabatan yang sudah mereka jalin.
Doraemon sendiri bukanlah robot yang paling pintar. Tidak jarang Doraemon membuat kesalahan yang manusiawi seperti lupa merapikan peralatannya yang tergeletak begitu saja di kamar Nobita (yang kemudian akan disalahgunakan oleh Nobita) ataupun terlalu lembek terhadap Nobita. Walau begitu, Doraemon selalu berusaha menolong Nobita dan menjadi teman yang baik bagi Nobita.
Sepertinya Doraemon cukup berhasil dalam merubah nasib Nobita sebab setelah kedatangan Doraemon, masa depan “berubah”. Istri Nobita di masa depan bukan lagi Jaiko (adik Giant!), tetapi Shizuka. Keturunannya tidak lagi miskin seperti sebelumnya dan sudah mampu untuk membeli robot berkualitas sebagai robot rumah tangga mereka. Robot tersebut bernama Dorami, yang kemudian dianggap sebagai adik Doraemon.

Kehidupan awal Doraemon tidak begitu baik. Ia adalah sebuah robot gagal yang dilelang kepada sebuah keluarga miskin yang terlilit utang, yang tak lain adalah keluarga keturunan Nobi Nobita. Doraemon adalah robot kucing yang diproduksi masal pada tanggal 03 September 2112 di sebuah pabrik yang tidak jauh dari Tokyo. Sayangnya karena sebuah kecelakaan yang terjadi pada saat proses produksi Doraemon kekurangan 1 sekrup dan menjadikannya robot kelas dua. Doraemon lalu dikirim ke "The Doraemons" (sekolah robot) untuk dilatih menjadi robot rumah tangga. Tetapi ia gagal dalam ujiannya dan hanya menjadi pengasuh bayi. Lalu pada suatu hari ketika ia sedang tidur siang, kupingnya digigit oleh tikus robot sampai sangat hancur dan terpaksa harus diamputasi. Doraemon merasa sangat sedih, ia menangis dan terus saja menangis selama 10 hari. Air matanya membuat cat tubuhnya yang berwarna kuning luntur menjadi biru. Sampai sekarang pun Doraemon menjadi benci dan takut terhadap tikus. Sehingga terciptalah Doraemon yang kita kenal, "Robot Kucing Berwarna Biru tanpa Daun Telinga"  .

Sebenarnya, Doraemon diciptakan oleh Nobita sendiri, dan setelah sekian lama doraemon berpindah - pindah sejak pertama kali diciptakan, doraemon diperbaharui dan tubuhnya dicat baru sehingga berwarna kuning yang dirancang untuk keperluan rumah tangga keluarga kaya. Doraemon diciptakan saat Nobita sudah berumur sekitar separuh baya. Dan sebenarnya doraemon sudah berada dikeluarga nobita sejak awalnya ia diciptakan. Meskipun gagal dalam proses tes, Doraemon tetap menjadi sebuah robot canggih yang memiliki alat-alat ajaib yang mampu memecahkan semua masalah. Ia juga pengertian dan memiliki rasa kasih sayang; ketika Nobita menangis dan merengek kepadanya, Doraemon dengan senang hati mendengarkan semua keluhan dan membantunya. Doraemon juga mampu memahami perasaan manusia, baik itu sedih, takut, marah, gembira, simpati, dan lainnya. Ia mempelajarinya, dan bertindak sesuai apa yang ia pelajari; ia dapat berteriak kegirangan, meloncat ketakutan, dan menangis haru. Namun, ia juga bertindak sangat emosional, apalagi ia memiliki sifat tempramental yang cukup buruk ketika sedang bertengkar dengan Nobita. Ia juga memiliki "senjata rahasia" yang bisa digunakan dalam keadaan terdesak, yaitu kepalanya yang lebih keras daripada batu sekalipun. Singkatnya, ia menjadi sebuah robot yang memiliki perasaan seperti manusia. 

Tubuh Doraemon sangat sensitif, ia tak dapat beraktivitas dengan normal jika ia kehilangan suku cadangnya; walaupun hanya sebuah mur. Ia memiliki seorang adik bernama Dorami yang siap menggantikan tugasnya menjaga Nobita ketika ia menjalani servis rutin pada masa depan.




BIODATA DORAEMON :


Nama: Doraemon

Arti nama    : Doraemon berasal dari kata “dora-neko” yang berarti “kucing tersesat”, sementara akhiran -emon merupakan suatu akhiran nama yang umum di Jepang.
Nama pacar    : Mii-chan
Pemilik asli : Sewashi (Nobita’s great-great-grandson dari abad ke 22)
Lahir ke dunia (Diciptakan pertama kali)   : 1-12-1969
Dibuat oleh    : Fujimoto Hiroshi dan Motoo Abiko
Debut    : 1970 (kemungkinan dalam bentuk komik yang terpecah-pecah)
Karir di komik    : 1974 – 1996 dengan jumlah sirkulasi lebih dari 80 juta komik di seluruh dunia (1992)
Karir di TV (Asahi)      : 1979 – sekarang
Karir di film                : 1980 – sekarang 
Debut di Indonesia (TV)      : Juli 1989
Makanan kesukaan    : Dorayaki
Hal-hal yang dibenci   : kedinginan dan TIKUS!!
Lahir (dalam cerita)     : 2112-9-3 (3 September 2112)
Tempat lahir                : Pabrik Robot “Matsushiba”

Ada yang spesial dari angka 1293 tersebut loh:
Tinggi badan    : 129.3 cm
Lingkar badan  : 129.3 cm
Berat badan     : 129.3 kg (seharusnya tidak mungkin Nobita selamat kalau tertimpa Doraemon :P )
Tinggi loncatan : 129.3 cm (kalau bertemu tikus)
Kekuatan          : 129.3 Tenaga Kuda
Lingkar Pergelangan Tangan   : 129.3 mm
Lingkar Kepala                          : 129.3 cm
Diameter Kaki                           : 129.3 mm
Kecepatan lari (kabur)              : 129.3km/jam (kalau bertemu tikus)

Spesifikasi:

Mata      : infra merah, dapat melihat dalam gelap
Hidung   : 20x ketajaman hidung manusia (sayang, sering rusak)
Kumis     : mempunyai radar yang dapat mendeteksi benda dari jauh (sedang butuh perbaikan…)
Mulut      : dengan ukuran mulut sangat besar (wastafel-pun bisa dilahap!), dapat memakan apapun
Bel          : berguna untuk memanggil kucing-kucing lain (lagi-lagi sedang rusak!)
Kantong  :4 dimensi dengan kapasitas nyaris tak terbatas, tempat penyimpanan berbagai macam alat
Tangan   : mempunyai kemampuan menyedot sehingga benda apapun dapat menempel
Kaki         : telapaknya datar, dapat berjalan tanpa suara seperti halnya kucing biasa
Ekor        : berfungsi sebagai “tombol” pengaktifan Doraemon


Daftar Alat-Alat Doraemon :


  • Kantong Ajaib
Adalah sebuah kantong 4 dimensi yang tertempel di perut Doraemon, kantong ini dapat menyimpan semua alat-alat Doraemon tanpa batas, bahkan semua barang-barang dikamar Nobita. Doraemon juga menyimpan sebuah kantong ajaib cadangan di lemari tempat ia tidur. Di lubang kantung ini terdapat sebuah alat pendeteksi imajinasi sehingga apabila ingin mengambil suatu alat, Doraemon akan membayangkan bentuk dari benda tersebut. Alat pendeteksi imajinasi akan mencari benda tersebut dan akan memberikannya ke tangannya.
  • Mesin Waktu
Adalah mesin yang dapat digunakan untuk menjelajah ruang dan waktu. Doraemon menggunakannya untuk kembali ke masa depan jika ia ingin menjalani servis rutin.
  • Pintu ke Mana Saja
Adalah pintu yang digunakan Doraemon untuk menuju ke tempat apa pun di waktu kapan pun. Namun, pintu ke mana saja memiliki batas data zaman tujuan.
  • Kaca Mata Fantasi
Jika dipakai akan membuat hewan dan tumbuhan terlihat seprti kartun dan dapat berbicara.
  • Baling-Baling Bambu
Baling-baling kecil milik doraemon yang digunakan untuk terbang ke tempat yang dituju. Baling-baling bambu terbang dengan menggunakan tenaga baterai yang habis dalam 4 jam, namun dapat terisi ulang secara otomatis apabila diistirahatkan selama beberapa saat.
  • Konyaku Penerjemah
Konyaku penerjemah adalah makanan sejenis agar-agar tahu yang berguna untuk menerjemahkan bahasa lain. Jika dimakan, maka orang asing yang berbicara dengan kita akan mengerti perkataan kita, begitu pula sebaliknya.
  • Kue cap Momotaro
Adalah kue yang digunakan untuk menjinakkan binatang. Seganas apapun binatangnya, akan berubah menjadi binatang jinak yang bisa ditunggangi bahkan diperintah. Kue cap Momotaro aman bila dimakan oleh manusia
  • Senter Pengecil
Jika senter ini digunakan, benda yang disinarinya akan mengecil.
  • Senter Pembesar
Jika senter ini digunakan, benda yang disinarinya akan membesar.
  • Sarung Tangan Super
Sarung tangan ini dapat meningkatkan kekuatan tangan orang yang memakainya, sehingga dapat mengangkat beban yang sangat berat atau digunakan sebagai senjata bila melawan musuh. Bekerja dengan prinsip gravitasi dan penyerapan berat benda.
  • Meriam Angin
Salah satu alat Doraemon yang berupa senjata. Dipakai bila menghadapi musuh. Kekuatannya tergantung oleh penggunanya dan memiliki baterai yang dapat habis bila terlalu sering dipakai.
  • Shot Gun
Sebuah pistol yang dapat mengeluarkan gelombang listrik yang kuat sehingga dapat membuat musuh pingsan.
  • Mantel Pelindung
Mantel ini berfungsi untuk membelokkan apapun yang mengenai mantel ini.
  • Lingkaran Penembus
Benda yang berbentuk seperti holahop ini berguna untuk menembus dinding ataupun benda yang menghalangi jalan.
  • Selimut Waktu
Kain yang dapat mengembalikan benda yang dibungkusnya kembali ke asalnya / ke wujud sebelumnya.
  • Cutter Pemotong Pemandangan
Cutter yang digunakan untuk memotong pemandangan yang kita lihat dan meyimpannya menjadi lukisan. 

  • Senter Pembuat Telur
Senter yang digunakan untuk membuat telur.

  • Roti Penghapal
Jika dimakan, maka akan mudah menghapal apapun juga, termasuk pelajaran.

  • Sarung Tangan Tikus
Sarung tangan yang dapat menggali sendiri dengan kecepatan penuh.

  • Taplak Meja Makan Idaman
Taplak meja yang jika digelar akan menyediakan makanan apa saja yang diminta.

  • Kamera Pengganti Baju
Jika dipakai untuk memotret maka orang yang difoto akan langsung berganti baju sesuai dengan yang diinginkan.



Fakta Unik Doraemon

  • MS-903 adalah kode produksi Doraemon
  • 1293 adalah angka keberuntungan Doraemon
  • Adiknya Dorami memiliki 10000 tenaga kuda. Dorami menjadi adik Doraemon karena dilahirkan di tangki minyak yang sama (doraemon 2thn lebih tua) dan karena kemudian Dorami juga menjadi milik Sewashi juga.
  • Noramyako adalah nama mantan pacar Doraemon diabad 22, ia  memutuskan Doraemon karena dirasa terlalu pendek untuknya (setelah kupingnya rusak).
  • Dorami dibeli untuk menggantikan tugas Doraemon di abad 22, dan kadang juga untuk menjaga Nobita apabila Doraemon pergi.
  • Nama asli "Pak Guru" adalah Ganari

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog