Responsive Banner design
Home » » 10 Fitur Tersembunyi di Facebook yang Jarang Diketahui Orang

10 Fitur Tersembunyi di Facebook yang Jarang Diketahui Orang


Majunya teknologi zaman sekarang dan mudahnya akses internet membuat kita susah lepas dari media sosial. Media sosial memang tidak pernah habis buat dibahas, mulai dari kelakuan penggunanya yang ajaib sampai hal-hal positif saat kalian menutup media sosial kalian. Nah, sebagai salah satu media sosial terbesar, Facebook punya jasa besar untuk menghubungkan antar manusia, membagi berita secara luas, serta menjadi album foto pribadimu.

Namun ternyata, Facebook punya banyak fitur tersembunyi yang mungkin gak kalian ketahui lho. Fitur-fitur yang belum familiar ini sesungguhnya dirancang buat memudakan hidupmu. Apa sajakah ? Silahkan disimak .

 1. Menyimpan Tautan untuk Dibaca Belakangan
 Ketika menyusuri beranda, kadang kita menemukan posting berupa tautan yang sepertinya menarik, tapi kita gak sempat membacanya saat itu. Nah, di Facebook terdapat sebuah fitur yang berfungsi sebagai pembatas halaman atau bookmark untuk tautan-tautan yang ingin kita baca nanti.

Caranya, kita cukup klik tanda (∨) di kanan atas tautan yang ingin kita simpan, lalu klik “Save” atau “simpan.” Nanti, akan muncul ikon “saved” atau "Tersimpan" di home sidebar-mu.




2. Mengambil (embed) konten dari Facebook ke laman lain

Jika kita ingin melekatkan sebuah postingan facebook di website atau blog, gak perlu bingung.Gampang kok, di postingan yang ingin kita lekatkan, kita tinggal klik tanda (∨) di pojok kanan postingan, lalu pilih embed post.
Embed code yang kita perlukan akan muncul. Tinggal copy-paste aja ke situs web atau blog yang ingin kita pasang.



3. Mengetahui aktivitas seseorang tanpa harus jadi teman lewat tombol “Follow”


Alih-alih menambahkan seseorang sebagai teman alias add friend, kita bisa mengikuti update orang tersebut menggunakan tombol follow jika yang bersangkutan mengaktifkan fitur tersebut. Fitur ini bisa bermanfaat jika orang yang kita tuju sudah mencapai batas teman yang diperbolehkan, atau dia gak membalas permintaanmu untuk berteman di FB. Tapi, jangan dipake buat stalking ya!


Nah, kalo kalian mau mengaktifkan fitur follow di akunmu, gampang kok, masuk saja ke pengaturan atau setting > pengikut/followers, lalu pilih semua orang atau everybody.



4. Mengunduh / Menyimpan semua aktivitas kita di Facebook.
kita bisa mengarsipkan semua aktivitas yang pernah kita lakukan selama menggunakan Facebook. Caranya gampang: masuk ke pengaturan/setting > umum/general lalu klik unduh salinan data Facebook. Siap-siap aja ngakak melihat postingan-postingan alay kalian zaman dulu!




5. Tab Other / Lainnya, kotak pesan yang sering terabaikan
 Di inbox, sebenarnya kita punya satu tab lain yang terabaikan, yaitu tab other / lainnya. Tab ini menyimpan pesan dari orang-orang yang tidak terhubung dengan kita. Gampang sekali melewatkan tab ini karena gak ada notifikasinya.

6. Melihat aktivitas yang kita lakukan bersama pasangan kita dalam satu halaman
Kalau kita mencantumkan status hubungan dengan pasangan di laman Facebook, kita bisa melihat aktivitas kita dengan mengunjungi halaman dibawah ini :
https://www.facebook.com/login.php?next=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fus
Aktivitas kalian dari awal sampai sekarang bisa kita lihat kembali, mulai dari mesra-mesraan, berantem, cuek, sampai mesra lagi. Ya, hitung-hitung nostalgia deh.


7. Mengubah bahasa menjadi bahasa bajak laut atau bahasa terbalik
Buat lucu-lucuan, kita bisa mengubah bahasa yang digunakan di akun Facebookmu menjadi bahasa bajak laut atau membuat susunan huruf-huruf menjadi terbalik. Caranya sederhana kok, kita tinggal mengganti bahasa di pengaturan Facebook menjadi “English (Pirate)” atau “English (Upside Down).”


8. Kita bisa mengetahui dari mana saja akun kita diakses
Sebagai salah satu media sosial terkemuka, Facebook bisa diakses dari mana saja dengan berbagai device, baik itu lewat laptop, PC, Tablet, maupun ponsel. Nah, kalo kita ingin mengetahui dari mana saja akunmu online, kita bisa memanfaatkan fitur yang terdapat di pengaturan akun. kita tinggal masuk ke pengaturan > keamanan/security > tempat anda masuk/where you logged in.


Fitur ini akan melacak dari mana saja akunmu diakses dan lewat aplikasi atau browser apa. Jadi, kalo kita menemukan akunmu dibajak orang, coba cek ke sini dulu deh. Terus, fitur ini juga berguna kalo kita mengakses Facebook lewat komputer umum atau milik temanmu dan lupa log out. Untuk menghentikan akses, kita tinggal menge-klik “akhiri semua aktivitas.”



9. Emoji Spesial


Di postingan Facebook, Kita bisa menambahkan emoji biar tulisanmu lebih ekspresif.
Facebook akan otomatis mengubah emotikon umum yang Kita gunakan menjadi emoji. Tapi, selain emoji yang umum, kita juga bisa menggunakan emoji spesial lho, antara lain:

(y) = simbol jempol/suka
(^^^) = hiu
:|] = robot
oop: = kotoran
<(“) = penguin


Selain beberapa emoji di atas, masih banyak lagi emoji spesial yang bisa kita gunakan. Lengkapnya bisa ente lihat di sini.

  
 10. Berbagi file lewat Chat Facebook
 Jangan cuma menggunakan Facebook Chat buat ngobrol aja. kita bisa lho, berbagi beragam jenis file, seperti MS Office document, excel, bahkan sampai file photoshop dan lagu.
Kalau kita membutuhkan respon yang lebih cepat daripada email dan kebetulan lawan bicaramu juga online di Facebook, mentransfer file via Facebook Chat bisa jadi alternatif yang layak dicoba.





Nah, fitur-fitur di atas lumayan bermanfaat untuk memperkaya pengalamanmu dalam berselancar di linimasa Facebook bukan? Apakah  Kalian sudah memanfaatkan seluruh fitur Facebook dengan maksimal?
Tapi ingat ya, jangan terlalu terpaku sama media sosialmu. Nikmati juga hidupmu di dunia nyata

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog